Tuesday, June 11, 2013

Tidak Ada Wota yang Tewas Di Kamar Mandi


Bagi saya berita palsu tentang "[JKT48] WOTA tewas gantung diri di kamar mandi" ini fail. Berita yang sempat menggemparkan dunia maya, khususnya twitter, hanyalah berita palsu yang ditulis oleh orang iseng yang saya tidak tahu apa maunya.

Bukti bahwa berita ini palsu adalah:

  1. Link sumber tidak mengarah pada post terkait.
  2. Media tidak pernah menyebutkan "merek" secara langsung. (misalnya menyebutkan secara gamblang nama produk, perusahaan, atau grup dan band terkait bila produk, perusahaan, atau grup dan band tersebut tidak menjadi bahan pemberitaan utama)
  3. Penggunaan bahasa yang tidak sesuai dengan aturan penulisan berita. Seharusnya kata "wota" diganti dengan kata "fans"
  4. Media tidak pernah menggunakan gambar ilustrasi dengan foto asli seperti yang ada dalam berita di atas. Media memberikan ilustrasi menggunakan gambar vector, terutama saat menjelaskan tentang kronologis kejadian.
  5. Foto ilustrasi diambil dari berita lain.
Semoga dengan begini kita bisa belajar untuk tidak menelan mentah-mentah berita dari dunia maya sebelum menelaahnya lebih matang lagi. Saya menulis artikel ini hanyalah untuk membantu citra para fans 48family yang dipermalukan dengan adanya artikel palsu seperti ini.

Salam,
#JuriPyon.